Februari 24, 2010

Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur

Tidak ada komentar:
 

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau. Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40' 45? - 112° 42' 45? bujur timur dan 8° 27' 24? - 8° 24' 54? lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.

Daya tarik pulau ini adalah pantainya yang masih jarang dijamah manusia dan danau yang ada di tengah pulau yang disebut segara anakan yang terbentuk
akibat arus pasang samudera hindia. Perjalanan akan dimulai setelah menyebrang dari Sendang biru (pelabuhan di malang), untuk mencapai pantai – pantai yg terdapat di pulau sempu tersebut dan danau segara anakan kita harus berjalan kurang lebih 3 jam menuju ke selatan.


Keanekaragaman fauna di Pulau Sempu masih banyak dijumpai beragam jenis burung langka seperti elang jawa (Spizaetus Bartelsi), julang emas (Aceros Undulatus), dara laut putih (Gygis Alba), rangkok badak (Buceros Rhinoceros), pelatuk ayam (Dryocopus Javavensis), kangkareng perut putih (Anthracoceros Albirostris), cekakak jawa (Halcyon Cyanoventris), dan masih banyak lainnya.

Adanya penemuan ini membawa sinyal positif bagi kawasan alam itu, untuk dijadikan tempat rujukan bagi yang ingin beredukasi tentang cagar alam. "Pulau Sempu adalah sebuah cagar alam yang sangat cocok bagi kehidupan satwa liar dan mempunyai konservasi tinggi," urai Asep Rahmat Purnama, Direktur Eksekutif ProFauna Indonesia.


Pesona cagar alam lainnya yang ada di Pulau Sempu adalah adanya beragam keunikan alam dan kekayaan hayati, yang bisa diperuntukan bagi penelitian dan ilmu pengetahuan. Sedangkan ekosistem di Pulau Sempu sangat lengkap, yaitu ekosistem hutan bakau, hutan pantai, hutan hujan dataran rendah, dan danau.


Berdasarkan data dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Cagar Alam Pulau Sempu ini memiliki kekayaan flora, fauna, serta memiliki keunikan tersendiri di dalamnya. Di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu itu setidaknya memiliki sekitar 223 jenis tumbuhan yang tergolong dalam 144 marga dan 60 suku. Dari 60 suku telah diketahui lima suku yang memiliki jumlah individu, jenis dan marga yang relatif cukup banyak. Kelima suku itu adalah Moraceae, Euphorbiaeceae, Anacardiaceae, Annonaceae, dan Sterculiaceae.
Sedangkan untuk jenis fauna ada sekitar 51 jenis yang terdiri dari 36 jenis aves, 12 jenis mamalia dan tiga jenis reptil. Adapun yang paling sering dijumpai di antaranya babi hutan (Sus Scopa), kera hitam (Presbytis Cristata), belibis (Dendrosyqna Sp), lutung jawa (Trachypithecus Auratus), kukang (Nycticebus Coucang), macan tutul (Panthera Pardus), burung rangkong (Buceros Undulatus) dan berbagai jenis lainnya.

Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan di pos penjagaan sendang biru. Dan berikut rute yang dapat ditempuh dari Surabaya-Malang- Pulau Sempu :



1. Dari Arah Surabaya Jawatimur ke Malang : Rata-rata Surabaya-Malang= 2 jam Kendaraan bermotor maupun kendaraan umum.
2. Dari Malang : Rekomendasi menggunakan sepedamotor,supaya bisa menikmati perjalanan . Rute : Malang- turen-sendangbiru. dengan angkutan umum.


Perjalanan ke Pulau Sempu, dapat ditempuh dari kota Malang menaiki kendaraan umum. Sampai pelabuhan Sendangbiru, yang merupakan pintu gerbang masuk pulau sempu. Perlu diketahui, Sendangbiru merupakan suatu pelabuhan nelayan di Malang selatan, dan tentunya mayoritas matapencaharian penduduk sekitar adalah nelayan. Biaya masuk Sendangbiru rp 4000 per orang dan biaya ijin masuk pulau sempu rp 5000 per orang yang pembayarannya kita lakukan di pos penjagaan di dekat pelabuhan Sendangbiru. Penyebrangan menggunakan kapal nelayan yang bisa disewa 75 ribu per kapal ( muat 15 orang).


Mari - mari kita ke Pulau Sempu yang konon pantainya tak kalah dengan bali, puket thailand,...


Bagi yang berminat rencananya tanggal 30 Maret – 2 April akan ada perjalanan ke sana


Hub : Theo (BNP) : 08176010331


Sumber: Wikipedia


Kredit Foto :

http://lintanglelana.blogspot.com/2009/05/sempu-island.html

http://privatebrian.wordpress.com/2007/07/18/segara-anakan-so-called-laguna-2/

http://mat-celor.blog.friendster.com/2009/02/pulau-sempu-segara-anakan/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff